Home / Sejarah

 

Pada tahun 2008 Program Doktor Ilmu Manajemen (PDIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (d.h. Fakultas Ekonomi) Universitas Brawijaya melakukan studi pelacakan (tracer study) alumni dengan mengirimkan questionnaire kepada para alumni dan pengguna alumni. Selain itu diskusi mendalam juga dilakukan. Hasil tracer study menunjukkan adanya harapan alumni kepada PDIM untuk:

  1. Memperkuat hubungan antar alumni melalui jaringan (networking),
  2. Meningkatkan jalinan silaturahmi, terutama di bidang keilmuan dan pendidikan,
  3. Membuat media komunikasi dan informasi untuk pengembangan keilmuan,
  4. Menerbitkan jurnal ilmiah sebagai media publikasi berbagai hasil riset dan pemikiran,
  5. Membuat forum ilmiah tahunan.

Untuk menyikapi harapan para alumni dan pengguna alumni tersebut, maka Prof. Dr. Ubud Salim, SE,MA, sebagai ketua PDIM saat itu menggagas pertemuan alumni. Niat baik tersebut disosialisaikan kepada seluruh stakeholders. Akhirnya 14 Agustus 2009 ditetapkan sebagai hari untuk penyelenggaraan Temu Alumni PDIM dengan tujuan:

  1. Menjalin hubungan kekerabatan, jejaring (networking) dan akademik demi pengembangan keilmuan.
  2. Membentuk forum doktor alumni PDIM Universitas Brawijaya Malang sebagai forum untuk menyampaikan konsep, pemikiran, dan hasil riset dari berbagai bidang Ilmu Manajemen.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh sekitar 100 peserta dari seluruh Indonesia. Untuk mewujudkan tujuan kedua temu Alumni ini, maka disusunlah panitia kecil untuk mempersiapkan kelahiran wadah yang mampu menampung aspirasi para ilmuwan manajemen dan memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu manajemen demi kemajuan bangsa Indonesia. Setelah melalui serangkaian diskusi antar peserta dan panitia kecil di bawah arahan Prof. Dr. Ubud Salim, Prof. Armanu Thoyib, Ph.D, Prof. Dr. Surachman, Prof. Dr. Djumilah Zain, Prof. Dr. Eka Afnan Troena, dan Prof. MS Idrus, Ph.D, maka disepakati nama wadah tersebut adalah ASOSIASI ILMUWAN MANAJEMEN INDONESIA (AIMI). Kesepakatan tersebut terjadi pada 15 Agustus 2009 dan dibuat formatur untuk menyusun kepengurusan AIMI yang terdiri dari:

1. Prof. Armanu Thoyib, Ph.D Ketua merangkap anggota
2. Prof. Dr. Marijati Sangen Sekretaris merangkap anggota
3. Dr. Syahril Majidi Anggota
4. Dr. Ni Luh Putu Wiagustini Anggota
5. Prof. Dr. Surachman Anggota

 

Formatur tersebut berhasil menetapkan kepengurusan AIMI yang dilantik oleh Prof. Dr. Ubud Salim. Selain itu ditetapkan pula hari lahir AIMI yaitu 15 Agustus 2009.